5 Tempat Wisata di Kaliurang yang Wajib Dikunjungi – Kaliurang adalah salah satu daerah wisata terkenal di Yogyakarta. Terletak di Desa Hargobinangun, Kabupaten Pakem, Sleman; 25 kilometer dari pusat kota. Di era kolonial, Kaliurang dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi para wanita dan pria Belkamu. Selain itu, Kaliurang juga menjadi saksi bisu sebuah peristiwa bersejarah, di mana Risalah Kaliurang lahir pada 13 Agustus 1948 dari hasil negosiasi Indonesia dan Komisi Tiga Negara.

Di masa kini, Kaliurang telah menjadi tempat favorit bagi para pelancong yang ingin menikmati panorama Gunung Merapi. Karena lokasinya di dataran tinggi – sekitar 900 meter di atas permukaan laut – kamu tidak akan kepanasan. Suhu di Kaliurang berkisar antara 20 hingga 25 derajat Celcius. Sepanjang jalan, kamu akan disuguhi pemkamungan pegunungan, pemkamungan indah, dan udara segar yang jarang ditemukan di kota-kota besar.

Jika tertarik, berikut ini beberapa tempat wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi jika kamu berlibur di Yogyakarta.




Tempat Wisata di Kaliurang Sleman.

1. Museum Vulkanik Merapi

Ini tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi Museum Vulkanik Merapi. Museum ini diresmikan pada tahun 2010 dan berdiri di latar belakang gunung berapi. Ketika kamu memasuki museum, kamu akan disambut dengan replika distribusi awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994 dan 2004.

Di ruangan lain, kamu juga akan menemukan jenis letusan gunung berapi, koleksi letusan tahun 2006. , bebatuan Gunung Merapi sejak 1930, dan potret gunung dari waktu ke waktu. Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu menghabiskan 3.000 rupiah dan 5.000 untuk tiket film. Museum Vulkanik Merapi buka dari jam 8:00 pagi sampai 3:30 sore.

2. Rumah Doa Ratu

Ada satu objek keagamaan bagi umat Kristen di Kaliurang yang bisa kamu kunjungi, yaitu Wisma Prayer Emalta atau yang sering disebut Bukit Doa Emalta. Terletak sekitar 150 meter dari terminal Kaliurang dan dapat dicapai dengan taksi selama 20 menit dari Bkamura Adi Sucipto.

Wisma ini terdiri dari 16 gua doa yang dinamai sesuai nama nabi dalam Alkitab, serta 48 ruang doa dan satu ruang dengan kapasitas 250 orang. Selain itu, ada menara doa Habakkuk, asrama untuk tamu (pria dan wanita terpisah), dan perpustakaan yang didedikasikan untuk Pendeta Damaris.

3. Taman Wisata Plawangan Turgo

Wisatawan yang menyukai kegiatan lintas negara harus mengunjungi Taman Wisata Plawangan Turgo. Tempat wisata di Kaliurang ini menawarkan pemkamungan indah hutan tropis dan bebatuan dari letusan Gunung Merapi, yang berusia 40.000 tahun. Selain itu, kamu juga dapat melihat daerah yang terkena awan panas pada tahun 1994 dan mengamati monyet yang hidup di objek wisata ini.




4. Gardu Pkamung

Pos pengamatan ini adalah salah satu pos pengamatan Gunung Merapi. Untuk mencapai pos tontonan, kamu perlu melakukan pendakian yang cukup melelahkan selama 50 menit. Namun, begitu tiba di puncak bukit, rasa lelah akan terbayar dengan pemkamungan gunung yang indah dan udara segar. Kemudian, kamu juga dapat mengamati Gunung Merapi dari Gardu Induk. Waktu terbaik untuk melihat gunung adalah sebelum malam, karena pada saat itu kabut belum menutupi puncak.

5. Tlogo Putri

Tlogo Putri adalah tempat wisata di Kaliurang yang menggabungkan wisata air dan alam. kamu dan keluarga pasti akan menikmati pepohonan yang rimbun dan udara segar. Sedangkan tlogo (danau) di sini adalah objek yang tepat bagi anak-anak untuk bermain becak air atau kano. Selain itu, ada kendaraan lain berupa flying fox sebagai alternatif.

Di Tlogo Putri juga sering ada seni pertunjukan seperti canpur sari, topeng ireng, kubro siswo yang dapat dinikmati secara gratis. kamu hanya perlu menghabiskan 2.500 rupiah per orang untuk masuk ke Tlogo Putri (tidak termasuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *