Meski sama-sama bertujuan untuk traveling, naik gunung berbeda dengan bermain di pantai atau wisata kuliner. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari fisik yang harus fit hingga perlengkapan keamanan. Dengan tubuh yang sehat, perjalanan bisa berjalan dengan lancar. Medan gunung yang terjal dan curam pun dapat ditaklukkan.

Selain fisik yang kuat, Anda juga harus membawa beberapa perlengkapan pendakian, seperti yang tersaji di bawah ini.

1. Tas Gunung (Carrier)

Tas gunung atau carrier adalah perlengkapan traveling yang wajib dibawa untuk naik gunung. Sebaiknya, jangan menggunakan ransel biasa karena kurang ergonomis dan volumenya kecil. Apalagi, ransel biasa tidak memiliki tali pengaman. Berbeda halnya dengan tas carrier yang memiliki ukuran 40-120 liter, dilengkapi tali pengaman, dan didesain khusus agar dapat dibawa dengan aman melewati medan terjal. Punggung pun tidak akan terlalu pegal meski Anda memikul carrier berisi barang berat.

Kalau Anda menyukai kegiatan outdoor, tas carrier dengan merek Consina, Eiger, atau Alpina adalah pilihan yang tepat. Harganya berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp1 jutaan.

2. Jaket Gunung

Jaket gunung yang dipakai untuk kegiatan outdoor berbeda dengan jaket biasa yang mengutamakan modis. Jaket ini dibuat dengan bahan yang tahan air dan angin. Mengenakan jaket ini saat hujan tidak akan membuat tubuh Anda basah. Dan saat diterpa angin gunung yang dingin menusuk tulang, tubuh Anda pun tidak akan menggigil kedinginan.

Harga jaket gunung dibanderol mulai ratus ribuan hingga jutaan. Anda bisa memilih merek-merek terbaik seperti Deuter, Consina, atau Nordwand.

3. Sepatu atau Sandal Gunung

Medan gunung yang cukup menantang mengharuskan Anda menggunakan sandal atau sepatu yang nyaman di kaki. Selain itu, karena gunung kadang becek dan terjal, alas kaki haruslah mampu memberikan pijakan yang kuat. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan Anda dari terpeleset. Maka dari itu, jika memang Anda sering mendaki gunung, lebih baik beli sandal atau sepatu gunung yang berkualitas demi keselamatan dan kenyamanan.

Merek sandal atau sepatu terbaik untuk pendakian adalah Rei, Eiger, atau Merrel Moab. Harga sepatu bisa sampai Rp2 jutaan sementara sandal mulai ratusan ribu hingga Rp1 jutaan tergantung merek dan juga jenisnya.

4. Sleeping Bag

Tidak semua pendaki gunung membawa tenda untuk istirahat. Banyak juga yang hanya membawa sleeping bag untuk tidur di alam terbuka. Perlengkapan ini cukup nyaman untuk mencegah udara dingin menggigit kulit, dan lebih praktis dibawa maupun digunakan daripada tenda.

Cukup menyelimuti diri dengan sleeping bag, entah itu merek Eiger, Karrimor, atau Walles, Anda pun bisa tidur di mana saja tanpa takut kedinginan. Harga sleeping bag berkisar Rp200 ribu hingga Rp1 jutaan.

5. Pakaian Outdoor dan Pendukungnya

Pakaian outdoor terdiri dari celana, kaus, sarung tangan, hingga topi. Anda sebenarnya bisa menggunakan pakaian standar, tapi lebih disarankan yang nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Jangan lupa juga membawa jas hujan untuk berjaga-jaga jika kehujanan. Dan tak ada salahnya membawa pakaian ganti, terutama pakaian dalam, asalkan tidak terlalu memberatkan barang bawaan.

6. Senter

Di malam hari Anda akan sangat membutuhkan senter demi menghindari daerah-daerah yang rawan seperti jurang, menghindari menginjak ular, atau tersesat karena tidak bisa melihat rute yang benar.

7. Perlengkapan P3K

Memang tidak ada yang mengharapkan kecelakaan terjadi di gunung. Meski demikian, sangat dianjurkan membawa perlengkapan P3K. Jika ada kecelakaan, Anda bisa melakukan pengobatan awal sebelum akhirnya dibawa ke klinik atau rumah sakit.

Inilah beberapa perlengkapan wajib dibawa ketika akan naik gunung. Selain tujuh benda wajib di atas, Anda juga bisa membawa perlengkapan memasak, matras, atau tongkat untuk membantu pendakian. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
X