Kapan Muhamad Irfan mulai aktif sebagai travel blogger? Tulisan pertama kali terkait apa?

Mulai 31 Januari 2011 tulisan pertama berjudul menjelajahi Baduy Luar Dan Baduy Dalam 1-2 Januari 2011.

Ceritain dong gimana awal mula kamu jadi travel blogger? Hal apa yang mendasarinya?

Awal menjadi travel blogger setelah pulang dari travel bersama kakak ke kampung Baduy Luar dan Baduy Dalam. Hal yang mendasari karena banyak hal yang menarik di baduy mulai dari budaya mereka, arsitektur rumah nya dll.

 

Lagi sibuk apa sekarang?

Fotografer untuk prewedding, wedding, wedding anniversary, reuni sekolah dan kampus, acara perusahaan, launching produk, tour guide, travel planner, blogger, dan bersama rekan-rekan sedang merintis majalah bernama portfoliomagz.id. selain itu juga sebagai ketua Komunitas fotografi FG Traveller

 

Sebagai travel blogger pasti kamu sudah merasakan traveling ke berbagai daerah bahkan berbagai negara. Ada gak tempat atau daerah yang belum pernah dikunjungi dan menjadi wishlist kamu selama ini tapi belum kesampaian?

Untuk tempat yang belum dikunjungi didalam negeri adalah Raja Ampat, Bunaken,
Tempat luar negeri yang belum dikunjungi ingin ke Korea Selatan, Mesir, Laos

Bagaimana menurut kamu terkait potensi pariwisata Indonesia?

Potensi pariwisata Indonesia sangat luar biasa mungkin kita lah negeri paling beragam di dunia dengan ratusan suku bangsa yang memiliki kekhasan baik kuliner, pakaian pengantin, arsitektur rumah, adat istiadat dan lainnya.

Contoh saat ke Sumba bentuk rumah tradisional di Sumba Barat dan Sumba Timur beda, begitu juga makam dan kerajinan tenunnya juga beda baik warna maupun motif. Di Sumatera Barat selama ini kita kenal rendang namun bentuk, warna, bumbu yang digunakan dan rasa rendang di Sumatera Barat itu berbeda satu daerah dengan lainnya.

Daerah mana menurut kamu pribadi yang menarik untuk diexplore? Alasannya?

Bagi saya untuk Indonesia pulau Kalimantan dan Sulawesi memiliki potensi luar biasa untuk dieksplore alasannya ragam budaya di Kalimantan hidup harmonis suku Dayak, Melayu dan china. Dan bila kita mau explore lagi sebenarnya ada beberapa suku Dayak dengan ragam budaya menarik yang belum kita tahu.

 

Hal yang paling berkesan selama traveling?

Untuk didalam negeri pengalaman paling berkesan di tahun 2014 saat travelling ke Pulau Banda saat itu harusnya kami naik pesawat ke kota Ambon dari Banda, namun ternyata pesawatnya tidak jadi berangkat karena masalah teknis.

Akhirnya kami ikut kapal nelayan pengangkut ikan melintasi ombak laut Banda yang besar kembali ke kota Ambon. dan selama perjalanan kami mengalami kapal yang terus berguncang.

 

Ada gak pengalaman menarik atau unik selama traveling yang gak bisa dilupakan?

Pengalaman unik saat ke Turki kemarin saat itu di Kota Konya saya ke pasar tradisional di sana saya beli buah apel 1 Kg harga sekitar 3 lira dan sempat bicara dengan penjualnya, begitu dia tahu saya dari Indonesia saya dapat tambahan buah anggur gratis. Meski saya ingin membayar dia menolak dan mengatakan itu hadiah.

 

Tips & trik traveling apa yang ingin dibagikan untuk sobat Outfans?

Tips untuk Solo Traveller

  • Bawa barang yang benar-benar dibutuhkan
  • Tetap waspada jangan mudah percaya dengan orang asing -sebagai tamu terutama di negara orang lain kita harus hormati adat dan budaya warga setempat ingat kita juga bawa baik negara kita saat travelling.
  • Sopan,senyum dan ramah saat bertanya kepada warga lokal
  • Hubungi KBRI sebelum dan saat mau pergi meninggalkan negara yang kita kunjungi dan catat no KBRI

Apa harapan kamu untuk pariwisata di Indonesia?

Semakin baik dari tahun ke tahun, Warga lokal juga harus memberi kenyamanan dan keamanan kepada para turist. Jangan menganggap semua turist asing itu kaya dan menaikkan harga semaunya.

Untuk tempat wisata maupun hotel dan restoran juga harus memberikan keramahan yang sama kepada setiap tamunya baik itu asing maupun dalam negeri. kadang pihak hotel,restoran dan pelaku wisata di obyek wisata bila ada turis asing dan turis lokal, pelayanan terhadap turis asing jauh lebih bagus daripada kepada turis lokal padahal kita juga sama-sama bayar.

 

Ikuti Petualangan - Muhamad Irfan